Hari Ini

BERBISNIS LEWAT INTERNET

Update at 19.55. Dalam topik Bisnis

Terkait artikel yang berapa waktu saya tulis, tentang bekerja pintar bukan bekerja keras. Saya akan mencoba sedikit bercerita tentang berbisnis lewat internet, yang merupakan salah satu contoh bagus tentang bekerja pintar bukan bekerja keras.

Internet merupakan sebuah media yang hebat untuk bisa menjangkau hampir seluruh penjuru dunia. Dimana ada sinyal ataupun jaringan alat komunikasi, disitu pula internet bisa diakses. Tidak peduli di kota ataupun di pelosok hutan sekalipun.

Bisa dikatakan internet bisa membantu kita untuk berbisnis tanpa terkendala tempat bahkan waktu. Dengan adanaya internet ini, orang dibelahan dunia lain yang masih terjaga/ beraktivitas bisa mengakses website kita, sementara kita sendiri mungkin sedang tidur.

Beberapa waktu lalu saya mengikuti sebuah seminar tentang bisnis lewat internet. Sebenarnya saya sudah banyak membaca, atau mendengar tentang bisnis lewat internet sejak beberapa tahun yang lalu. Tapi mungkin seperti sebuah ungkapan yang disampaikan oleh seorang yang saya lupa namanya, bahwa seseorang akan memahami sebuah informasi, ketika ia siap untuk menerima informasi tersebut. Baru setelah mengkitu seminar itu saya agak paham tentang bisnis lewat internet tersebut.

Boleh dikatakan pemahaman saya tentang internet ini sangat jauh tertinggal. Disa’at saya masih belajar mengetik menggunakan Ms Word, ada beberapa anak muda yang sudah mulai merintis bisnis lewat internet.

Seperti yang disampaikan oleh Andrias Harefa dalam bukunya berjudul Berwirausaha dari Nol. Beliau menyampaikan dalam salah satu bahasannya berjudul digerakkan oleh ide dan impian, bahwa pada tahun 1999, sekitar bulan maret, seorang siswa kelas 1 SMP Pangudi Luhur, bernama Adi Budianto Mulia membuka www.indomall.or.id sebuah toko virtual (toko online) di internet. Hanya dalam waktu setengah tahun sejak dibukanya toko online tersebut, omzet penjualan tiap bulannya rata-rata Rp. 6 juta perbulan. Padahal toko yang menjual produk-produk keluaran Linux tersebut hanya bermodal Rp. 500.000;-, tanpa ada bangunan toko secara fisik, tanpa gudang untuk menyimpan barang dan hanya dikelola dua orang karyawan, sebagai penerima order/ administrasi serta bagian pengiriman.

Disamping www.indomall.or.id masih banyak bisnis di internet yang lain. Bisnisnyapun bermacam-macam. Dari mulai jualan computer, kerajinan bahkan ada yang berjualan rokok. Dan anda tahu pedagang rokok lewat internet ini telah banyak melayani pembelian dari beberapa Negara, tentu saja pembayarannya dengan dolar.

Jika ada mau meluangkan waktu sejenak untuk melihat-lihat toko-toko virtual milik pengusaha Indonesia, mungkin ini ada sedikit yang bisa saya sebutkan.
www.datakencana.com berjualan computer
www.indomall.com berjualan lukisan, barang kerajinan, bika ambon dll.
www.javacraft.com dan www.baliweb.net berjualan kerajinan dan produk seni.
www.manggadua.com berjualan rokok.
www.sulapcenter.com berjualan alat-alat dan trik-trik sulap.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir ini ada beberapa anak muda yang cukup menghebohkan, karena kiprahnya dalam bisnis internet.
Diantaranya Ane Ahira. Walaupun Perempuan muda ini tinggal disebuah kota kecil di Jawa Barat,. ia ternyata telah dikenal sebagai marketer kelas dunia, bahkan dalam sebuah situsnya www.asianbrain.com diceritakan bahwa ia pernah menjualkan seekor kuda milik seorang di sebuah Negara, dan dibeli oleh orang dari Negara lain.

Satu lagi contoh anak muda yang berbisnis lewat internet. Cosa Aranda, anak muda yang mengaku tinggal di Surabaya. Lewat websitenya tentang handphone, ia bisa memperoleh penghasilan jutaan rupiah perbulannya.

Dan seperti pernah saya sampaikan dalam artikel saya tentang adanya orang-orang yang dengan sukarela membantu dan membagi ilmu rahasia suksesnya. Seperti halnya Andrias Harefa yang berkiprah lewat www.pembelajar.com . Maka lewat www.cosaaranda.com , arek Suroboyo ini berbagi ilmu dan pengalamannya tentang bisnis yang ditekuni.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "BERBISNIS LEWAT INTERNET"